Stimulasi pada bayi umur 0-3 bulan


Hi .. mohon maaf, post ini sudah dipindahkan ke Blog Klinik Tumbuh Kembang.

Anda juga bisa mendapatkan versi pdfnya disini

About these ads

43 thoughts on “Stimulasi pada bayi umur 0-3 bulan

  1. Dok,saya mau tanya.. Kata teman saya, bayi yg memang blm bisa tegak, jangan diposisikan digendong sambil posisi tegak ato semi berdiri. Katanya nanti dia bisa susah kencing. Apa betul begitu dok?
    Trus, saat saya mencoba mentengkurapkan ananda (2bln 1 mgg), koq bukan lehernya yg naik2, tapi dia malah nendang2 kaki seolah2 mau maju ya? Apakah pas belajar tengkurap itu posisi dada bayi disangga bantal kecil ato justru sebaiknya tidak disanggah? Thx..

  2. @ Tika
    Salam kenal, bu Tika.
    Saya tidak tahu apakah itu karena pengalaman buruk yang pernah dialami oleh teman ibu tersebut. Menurut ilmu kedokteran, rasanya tidak relevan antara menggendong bayi dengan kesulitan buang air kecil. Jadi menurut saya itu termasuk mitos saja.
    Ibu melatih anak tengkurap harus di bidang datar, jangan diganjal apapun. Kalo kakinya yang bergerak menendang, biarkan saja. Bila sudah capek, lanjutkan stimulasi pada pada kesempatan lain. Memang perlu waktu bagi bayi untuk melatih ototnya yang belum bisa bergerak sesuai keinginannya. Satu hal yang kadang sering terjadi adalah kita dianggap tegaan terhadap bayi kita yang masih “kecil mungil”. Anak saya yg pertama dan kedua, baru umur beberapa hari sudah tidur miring sehingga kurang dari sebulan saya sudah mengajarinya untuk tengkurap. Tapi yang ketiga tidurnya selalu telentang, dan pada saat ditengkurapkan juga tidak secepat kedua kakaknya. Jadi setiap perkembangan spesifik pada anak. Untuk itulah ada patokan-patokan umum. Nah pada urusan tengkurap sampai dengan anak bisa mengangkat kepala, berlaku sampai dengan 3 bulan. jadi ibu masih memiliki waktu yang cukup dengan Ananda.
    Selamat bermain.

    1. anak saya baru usia 2 bulan sudah bisa tengkurap,padahal tulang lehernya masih belum kuat, dan kalau tidur dia lebih nyaman posisi tengkurep , apa tidak membahayakan untuk tulang dada dan pernafasannya,o iya untuk penglihatan dia sepertinya sudah bisa melihat wajah orang disekitarnya, tapi kalo saya letakan benda diatasnya dan digerak-gerakan bola matanya tidak mengikuti,itu bagaimana dok?trma kasih

  3. Assalamu’alaikum wr wb
    dr Agus, bayi saya usianya sekarang 14 bulan. Lahir pada usia kehamilan 34 minggu dg cara cesar dengan berat lahir 3,2 kg. Menurut saya, anak bungsu saya ini cenderung lebih mudah sakit dibanding kakak2nya. Apa karena lahir prematur ya? Tapi perkembangan fisik dan mentalnyanya normal. Gigi pertama tumbuh pada usia 8 bulan, mulai berjalan di usia 13 bulan. Sudah bisa ngomong beberapa patah kata dengan lengkap, misalnya mama, bapa, aa, kai, nini, mama, mimih (pipis), minta, dadah, dsb. Tapi berat badannya lambat sekali. Sekarang baru 8,2 kg. Normal kah anak saya? Terima kasih.

    Maria

  4. Maaf ada yg saya koreksi dari pertanyaan saya terdahulu. Berat lahir anak saya bukan 3,2 tapi 2,3 kg. Makasih.

    Maria

  5. Terima kasih dr Agus atas penjelasannya.
    Anak saya perempuan, namanya Adinda Putri Yasmin. Saya sudah mencoba mempelajari KPSP untuk usia 12 bulan seperti anjuran Anda. Semua dijawab dengan YA. Saya juga punya KMS dan masih mengikuti pita hijau muda. Tiap bulan beratnya naik, meski kadang2 hanya 2 atau 3 ons saja. Tinggi badannya saya tidak mengukur untuk yang terbaru. Makannya tidak banyak, tapi dia suka ngemil, jadi saya beri biskuit susu dan buah-buahan, karena itu yang paling dia sukai. Anak-anak saya semua mengonsumsi susu formula karena saya tidak bisa memberikan ASI.
    Untuk anak yang paling bungsu ini, saya mengasuh dan merawat sendiri karena saya agak khawatir dengan perkembangannya sehubungan kondisinya tadi.
    Oh ya, btw, saya alumnus SMAN 1 Banjarbaru. Dr Agus juga kan ya?
    Finally, Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

    Mariatul K

  6. Pak dr. Agus
    Mau ikutan bertanya, tapi bayiku yang bungsu sudah umur SMP kelas 3, gimana ya… .
    Tapi anak saya yang ke-3, kakak si bungsu itu, memang tengkurap sejak bayi… sampai dia di Mahasiswa kini ia lebih suka tengkurap ! Bentuk kepalanya sempurna dari 4 bersaudara.
    Salam
    Sjahrir Hannanu

  7. Jadi cumam (cuma mampir) ? Ya pak meski banyak bukti empiris bilang begitu tapi kok belum kedengaran ada penelitian ilmiah yang membuktikan cara tidur berkaitan dengan bentuk kepala.
    Salam

  8. dok…saya mau ikut tanya

    anak saya fatiha umur 2 bulan 3 minggu.terakhir timbang saat 2 bulan, beratnya 5,6 kg dan panjang 60,5. kalo kentut sering mengejan. buang air besarnya juga tidak tiap hari. kalo buang air besar juga mengejan. apakah itu normal?
    terimakasih dok

  9. anak saya cowok dok lahirannya cesar cuma waktu lahir beratnya 2.3 kg.terus sampai sekarang baru 3.8 kg apakah itu wajar apa nggak ya dok.soalnya tiap bulannya naik setengah kilo.

    1. Masih kurang sih .. bulan pertama itu 800g naiknya .. bulan kedua 900gram, bulan ke3 800gram lagi .. jadi masih kurang separonya .. tapi memang mungkin tidak cukup bulan ya lahirnya .. jadi ya memang harus tumbuh kejar.
      Usul saya konsultasikan dengan Dr. SpA setiap bulannya, plus pemberian imunisasinya.

  10. dok………..saya mau ikut tanya

    anak saya Aiko umur 1 bulan 3 minggu,kalo tidur kok mendegkur??apa itu wajar apa ndk ya dok.

    1. Tergantung dari banyak hal.Terutama pada bayi dihubungkan dengan produksi lendir. Ada bayi yang memang ileran *ngga usah khawatir/malu* tapi ada juga penyakit alergi yang memacu produksi lendir. Sebaiknya diamati dulu apakah disebabkan oleh faktor pencetus alergi, misalnya hawa dingin, susu formula (barangkali), dll yg mungkin kontak dan dicerna.

  11. dokter nama saya ibu lilis, mau tanya nich dok…anak saya cowok skr usia 9 bln, tp belum bisa merangkak kya’ nya dia males bgt cm bisa tengkurap aja.gmn dokter apakah ada kelainan pada anak saya.dia bisa menyangga kepala, tp kl didudukan jg belum terlalu kuat menjaga keseimbangan.mohon dijawab thank’s dok

    1. Itu sebabnya perlu dilakukan latihan. Baik duduk maupun berdiri. Jadi jangan cuma dibiarkan belajar sendiri. Perlu dilatih terus. Untuk lebih jelasnya tentang tumbuh kembang mohon melihat link diatas disana ada beberapa yang sesuai umur.

  12. dokter,anak saya 3 bulan 17 hr.. berat badannya 8,6 kg..masih ASI sekarang danish uda pengen banget tengkurep..tapi blum bisa..keliatanya ud berusaha sekuat tenaga tp trus balik ke posisi telentang lg apa malah cuma miring2… nah ap yg bisa saya lakukan untuk menstimulasi agar cepat tengkurap n berguling2..
    sekarang ini dia juga suka bgt bobo miring lama dok..apa itu gapapa?

    1. Mungkin bisa dibantu dulu .. yang penting pada anak 3 bulan adalah menyangga kepala. itu dulu yang dilatih. Bila dia bisa menyangga kepala dengan lehernya nanti juga akan bisa sendiri.

  13. aslkum… dok sy mau nanya… anak saya umurnya ud 3 bulan, untuk saat ini dianya lagi proses untuk tengkurap tapi pada saat mau balik dianya susah, terkadang dengan bantuan kt orang tuanya membantu mmbuat dia mnjadi tengkurap, tp setelah tengkurap kplanya gk mau diangkat, sedangkan giliran di gendong kplanya bisa di angkt, kira2 knp bisa bgtu ya,,?
    trus bayi saya terkadang kalau sehabis bangun tidur selalu menangis, raut wajahnya seperti habis dimarahin, kira2 tu knp dok…?? habisnya terkadang nangisnya ampe keras banget,,, mksh ya dok…

    1. Jawabnya sama bu dengan yang diatas. Jangan terburu-buru. Silakan dilihat link di atas ada beberapa saran latihan pada blog tersebut.

  14. Salam kenal dok…
    Artikelnya bagus2 sekali…trimakasih jadi membantu saya menjadi ibu baru..Anak saya Alya saat ini usia 2 tahun 7bulan, sudah bisa bicara walaupun kadang ada yg kurang jelas. Berat badan 14kg. Saat ini alya suka bermain lego,dokter2an dan buku pop up.tapi dia agak susah fokus bermain di satu permainan.biasanya sekitar 15 menit dia mengganti mainan nya dan kalau diajak bermain sambil menulis atau menggambar tidak bisa bertahan lama..alya juga suka sekali dibacakan cerita tapi jika ditanya ulang dia tidak mau menjawab,dia suka menanyakan sesuatu dan diulang2 bertanya nya tapi tetap klo balik ditanyakan dia tidak menjawab bahkan terkadang dia menjawab dengan jawaban “ini…itu…ini..itu….”..stimulasi apa yg bisa saya berikan untuk alya ya dok..? trimakasih sebelumnya dok..

  15. Siang Dok,,sy mau ikut tanya ya boleh ya..

    Gini Dok, usia anak sy skrg 15 bln dgn berat badan 9.8 kg. Utk semua tumbuh kembangnya, puji Tuhan berjln dgn normal sampai saat ini. Tp bbrp hari akhir2 ini sy menemukan sprt ada semacam kelenjar / benjolan yg berbentuk telur cecak di bagian leher sebelah kiri anak sy dan itu membuat sy cukup kuatir akhir2 ini. Klu sy pencet sambil sy urut, anak sy tdk merasa sakit sedikitpun.
    Pertanyaan sy,
    apakah ada cara utk menghilangkan benjolan itu dok?apa kah itu berbahaya ?

    thx sebelumnya

    1. Mungkin semacam tumor jinak. Kalo masih sebesar itu belum ada yang bisa dilakukan. Tapi bisa juga karena infeksi pada kelenjar limfe. sebaiknya kalau terasa mengkhawatirkan sekali dibawa ke dokter terdekat.

  16. selamat siang dok… dokter saya mau tanya :
    1. anak saya baru usia 2 minggu kok udah batuk, pilek, dan panas?
    2. dan stiap minum ASI pasti disertai batuk yang
    berlebihan,sehingga membuat anak saya minum asinya sdikit
    karna tersendak batuk
    3. sering mengejen, tp g buang air besar dok…
    4. di sebagian tubuhnya termasuk muka timbul bintik-bintik merah
    disertai cairan putih didalamnya.
    biasanya sering buang air besar, namun dari smalam belum buang air besar dok
    saya sangat hawatir dok…posisi saya di plosok dok jauh dengan dokter specialis anak mohon pengarahannya segera dok…

    1. 1. Infeksi bisa terjadi pada usia berapa aja. bahkan pada saat bayi baru lahir sudah bisa membawa infeksi intrapartum.
      2. kalau tersedak, perlekatannya dengan payudara ibu mungkin tidak baik. masih ada rongga diantara mulut anak dengan payudara, yang betul sampai menutup hidung, jangan takut anak tidak bernapas, dia bisa mencari sendiri. Kadang2 kita ketakutan itu penghalangnya. Kalau merasa tidak yakin mohon berkonsultasi ke poli laktasi di puskesmas.
      3. Ini juga biasa terjadi pada anak. Dia memang masih menyesuaikan diri dengan alam barunya.
      4. Maaf kalo manifestasi kulit harus dilihat. Silakan ke dokter terdekat.

  17. Salam kenal dok

    Anak saya umurnya sudah 3 bulan dua minggu tp mblm bisa tengkurap atopun angangkat kepalanya. dlu waktu umur dua bulan dy suka miring-miring tp skrng jarang mau miring2 lg. apa itu normal dok?umur brp bayi biasanya mulai bisa tengkurap dan angkat kepalanya? soalnya anak tmn saya umur 3 bulan uda bsia tengkurap dan angkat kepala. thanks

  18. Selamat malam dok,
    Mau tanya,danniell anak saya baru berumur 1 bulan 20 hari,setiap habis mimi (minum asi) dia selalu saya sendawakan dengan cara menelungkupkan dia di atas dada saya,tp masalahnya dia selalu senang dalam posisi itu sampai2 tidurpun dia lebih suka diatas dada saya dalam posisi yg sama sampai kadang lbh dari 4jam.yg mau saya tanyakan apakah posisi itu aman/baik untuk pertumbuhan tulangnya?

    1. Mba Tsania,

      Posisi tidur anak akan mengalami variasi dengan sendirinya setelah dia makin bertumbuh besar nantinya. Tidak usah khawatir selama dia memang tidur. Kecuali ada gangguan, baru kita perlu mendapatkan perhatian medis yg lebih serius. Untuk sementara saya rasa bila dia sudah nyenyak bisa diletakkan dalam posisi lain. Demikian

  19. Selamat siang dok, mau tanya, anak saya umurnya 1 bulan 15 hari, awal lahir berat badannya 3 kg, tapi sekarang pas ditimbang sudah 5 kg, normal kah pertumbuhan berat badan anak saya dok? Mohon dibalas pertanyaan saya ya dok, terima kasih

    1. Yang pertama, apakah dua penimbangan ini menggunakan alat timbang yang sama? Apakah alat timbang yang sekarang benar-benar bisa dipercaya? Mestinya sekarang yang standar ya menggunakan dacin seperti yang dilaksanakan di Posyandu. BIla timbangan yang digunakan ada pegasnya bisa jadi sudah lemah,

      Yang kedua bila kedua alat timbang tersebut bisa dipercaya. Maka memang kenaikan berat badan 2 kg cukup besar. KBM untuk bulan pertama mestinya 800, tapi ini baru bulan pertama. Jadi ya saya pikir kita lihat dulu perkembangannya. Apakah anak mendapatkan ASI Eksklusif?

  20. slmt pagi dok,Habib putra says berusia hmpr 6 bln,visa menegakkan kepala to kok gak lurus agak miring,klo tengkurap kepalanya. tegaknya cm sbntr,trs skrg Judah mulai diajari mkn to babnya kras n udahnya lembek,ITU bagaimna Dr?

  21. selamat sore dok. anak saya baru berusia 3 minggu.dia sering kentut. klu tidur saya suka mendengar bunyi grok grok seperti kena pilek
    tp badannya tidak panas dan tidakrewel. tidak mengeluarkan lendir juga. apa hal ini wajar dok? apa ygharus sya lakukan untuk menghilangkan bunyi grok grok tsb?

    1. Selamat malam dok…sy mau tanya dok anak sybr berusia 2 minggu,,wktu lahir sisa lendir dlm tubuhnya tdk di sedot trs skrng sy mendengar ketika anak sy bernafas sering berbunyi grok..grok seperti bxk lendir dlm prnafasannya jadi setiap minum susu susah brnafas,apa itu brbahaya dok? trs apa yg harus sy lakukan utk mnghentikan suara grok..grok mngkin krn bxk nya lendir..?? tks dok…

  22. dok…sy mau nanya anak sy baru berusia 2 minggu wktu lahir lendirnya tdk di sedot dan skrng bunyi nafasnya sering grok..grok sprti bxk lendir sperti susah bernafas,,apa berbahaya atw g mana yah dok??

  23. dok…sy mau nanya anak sy baru berusia 2 minggu wktu lahir lendirnya tdk di sedot dan skrng bunyi nafasnya sering grok..grok sprti bxk lendir sperti susah bernafas,,apa berbahaya atw g mana yah dok?? apa yg harus sy lakukan utk mnghilangkanx??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s